SAATNYA UMKM NAIK KELAS,  UMKM KELURAHAN TERBAN BUKA STAND DI HOTEL BINTANG 5

Bulan ramadhan menjadi berkah bagi UMKM kelurahan terban, di bulan ramadhan ini UMKM terban diberi kesempatan untuk membuka stand di Kimaya Hotel Sudirman Yogyakarta by Harris. Pada kesempatan ini 13 UMKM makanan maupun souvenir menawarkan hasil karyanya sekaligus belajar untuk melayani pangsa pasar baru, yakni pelanggan kelas menengah ke atas.

Hari pertama belum menjadi keberuntungan, hanya beberapa pegawai hotel yang menjadi pembeli, namun hal ini tidak menyurutkan semangat pelaku UMKM dalam berjualan. Ibu lieona salah satu pelaku UMKM yang membuka stand dengan semangat menjelaskan bahwa sudah hal biasa saat memasuki pasar baru masih harus sabar untuk menarik pelanggan, ini sebuah pengalaman baru dengan arahan dari manajemen hotel bagaimana mengemas makanan sehingga bisa lebih menarik, disamping penampilan penjaga stand juga harus menyesuaikan dengan pangsa pasar kelas atas. Menurut General Manager Kimaya Hotel Sudirman Yogyakarta by Harris, Diah Anggraini di hari pertama memang masih sepi pelanggan karena kegiatan ini belum banyak diketahui masyarakat. Hari ini (6/04/2022) hari keempat ramadhan, stand UMKM di Kimaya Hotel Sudirman by Harris mulai sibuk melayani pelanggan tamu hotel, tercatat lebih dari 60 tamu hotel ikut mencicipi makanan di stand UMKM dan membeli souvenir.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata aksi gandeng gendong yang menjadi program pemerintah Kota Yogyakarta, dimana pelaku usaha besar menggendong pelaku usaha kecil untuk maju bersama, menuju sejahtera bersama. Diharapkan pelaku UMKM selalu siap untuk menembus pasar yang lebih luas dari berbaga kalangan, sebagaimana disampaikan ibu caesaria dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang ikut hadir memantau kegiatan ini. Saatnya pelaku UMKM semakin berkembang, siap melayani dan lebih mendekat kepada wisatawan yang hadir ke Kota Yogyakarta, salah satunya di hotel-hotel berbintang di Kota Yogyakarta. Saatnya UMKM naik kelas dan semakin sejahtera. (SURYA/JSS-A0216)